07 February 2010

Manajemen Stress ala Steven Covey

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress,
Steven Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada
para siswanya: "Seberapa berat menurut anda kira segelas
air ini?"

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.
"Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung
berapa lama anda memegangnya." kata Covey.
"Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah.
Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan
sakit.

Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin
anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya
sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka
bebannya akan semakin berat."

"Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun
kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan
meningkat beratnya." lanjut Covey.


"Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas
tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi".
Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar
kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi.
Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini,
tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu
dapat diambil lagi besok.
Apapun beban yang ada di pundak anda hari ini, coba
tinggalkan sejenak jika bisa.

Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi......
HIDUP INI SINGKAT, jadi cobalah menikmati dan
memanfaatkannya. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak
dapat dilihat, atau disentuh, tapi dapat dirasakan jauh di
relung hati kita.

Liat Yang ini Dunkzz



4 Komentar:

Hennyyarica said...

artikel yang bagus banget dan menginspirasi. ternyata selama ini yang membuat seseorang bisa menjadi stress adalah terlalu lama memikirkan masalah yang dia punya.
keren!

angga said...

betulllll

Nikmaya John said...

Benar juga ya,,, kalau terlalu berlama lama memikirkan maslah bisa sangat berat, akhirnya jadi penyakit,,, thanks artikelnya sob,,

♫ MUSIC SHARE ♫ said...

waduhh itu kebisaan saya, mikirin masalah terus... musti segera berubah nih.... thanks masbro info nya