13 February 2010

THE TRIPLE FILTER TEST

Dalam sejarah Yunani, Socrates terkenal sebagai tokoh yang sangat bijak.
Suatu hari ia bertemu dengan kenalannya yang berkata,
"Anda tahu apa yang baru saja saya dengar tentang teman anda?"
"Tunggu dulu," jawab Socrates. "sebelum anda bicara apa2, saya ingin
anda melalui tes kecil.
Namanya THE TRIPLE FILTER TEST"
"THE TRIPLE FILTER TEST?"
"Iya benar," lanjut Socrates.
"sebelum anda bicara sesuatu tentang
teman saya, akan sangat baik jika kita ambil waktu
sebentar untuk menyaring apa yang akan anda katakan.
Itu sebabnya saya namakan tes 3 penyaringan.
Saringan pertama adalah Kebenaran.

Sudahkah anda yakinkan bahwa apa yang akan anda sampaikan kepada saya adalah Benar?
"Tidak" kata orang itu,
"sebenarnya saya Cuma dengar dan.."
"Baiklah," kata Socrates.
"Jadi anda tidak tahu benar tidaknya berita itu.
Nah, mari kita coba Saringan ke 2, namanya Kebaikan.
Apakah yang akan anda beritahukan
kepada saya tentang teman saya adalah sesuatu yang baik?"
"Tidak, malah sebaliknya..."
"Jadi," lanjut Socrates,
"anda mau memberitahu saya sesuatu yang tidak baik tentang dia,
tapi anda tidak yakin hal itu benar.
Namun anda masih bisa lulus tes,
karena ada 1 tes lagi: namanya tes berguna.
Apakah yang akan anda beritahu kepada saya itu berguna buat saya?"

"Tidak, tidak juga."
"Nah," tutup Socrates,
"Jika apa yang akan anda beritahukan kepada saya tidak benar,
tidak baik dan tidak berguna buat saya, kenapa mesti beritahu saya?
Itulah sebabnya Socrates adalah konon seorang filosofi besar dan sangat
dihormati.


Liat Yang ini Dunkzz



3 Komentar:

Nikmaya John said...

Pertanyaan jebakan,, hehe

QSEW said...

salut sama Socrates

MOST POPULAR SOFTWARE said...

si bijak socrates memang hebat mengolah kata...